Jumat, 16 Oktober 2015

Yogyakarta dan Kita

Masih dalam suasana hari jadi kota Yogyakarta, celoteh kali ini akan becerita tentang perjalanan ke Yogyakarta, sudah kemana sajakah kita selama di Yogyakarta..?? 
Kota Yogyakarta bisa disebut kota favorit ke dua yang sering gw kunjungi, yup tau sendiri kenapa, karena doi ada disono. Menurut gw pribadi nih bro, Yogyakarta memang kota asyig buat liburan, karena banyak destinasi wisata, dan yang penting juga low budget.
Yah, harus menjalani hubungan jarak jauh atau sering disebut Long Distancese Relationship Jakarta - Yogyakarta membuat gw lebih sering mengunjungi kota Pelajar ini, hanya untuk melepas rindu semata. hehehe..
Kemana aja sih kita kalo ke Jogja..?? yah, kalo suruh nyebutin satu-satu mungkin banyak banget, jadi kali ini celoteh beberapa tempat saja yang pernah kita kunjungin.

1. Candi Prambanan
Yups, yang pertama adalah Kompleks Candi Prambanan. Candi Prambanan adalah batas Yogyakarta dengan Jawa Tengah, terletak diantara Sleman dan Klaten.
Untuk menuju kesini menggunakan transportasi umum cukup mudah kok, apalagi pake mobil atau motor. Kalo yang pakai mobil atau montor kagak usah kita bahas, karena kalian bisa tanya ke Google Maps. Sedangkan untuk yang mau menggunakan angkutan umum kamu tinggal naik trans jogja saja, jalurnya 1A.

Di Candi Prambanan jika malam akan ada pertunjukkan sendra tari Ramayana. Ada tari indor dan juga outdor, untuk memastikan silakan cari jadwal pertunjukkan di Google. Recomended yang pertunjukkan outdor karena backgroundnya langsung Candi Prambanan.
Banyak mitos yang beredar, jika bawa pasangan kesini hububgan tidak akan langgeng. Sekali lagi itu mitos.
Candi Prambanan
Candi Prambanan


2. Taman Sari Keraton Yogyakarta
Taman sari konon adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Untuk menuju Taman Sari cukup mudah, jika kita berada di mallioboro kita bisa naik becak ke arah selatan menuju arah keraton, harga becak ke Taman Sari 10rb-20rb, pinter-pinter kita nego aja dah.
Taman Sari


Taman Sari
3. Pantai di Gunung Kidul
Karena dua point sudah menjelaskan peninggalan situs budaya di Yogyakarta, kita berpindah ke daerah selatan Yogyakarta. Yaps, Gunung Kidul memang terkenal dengan daerah wisatanya Gunung ada, Goa ada, Pantai juga ada, lengkap dah. Kali ini kita bahas pantai nya saja. 
Pantai di dareah Gunung Kidul Yogyakarta memang terkenal dengan pasir Putih dan gunung-gunung kars di pinggir lautnya. Kalo suruh sebutin satu-satu nama pantainya ntar blog gw penuh, hehehe... 
Kali ini yang akan gw ceritain adalah Pantai Nglambor, Pantai Siung, dan Pantai Ngrumput.
Yang pertama adalah Pantai Nglambor, disini kalian akan nemuin 2 karang berbentuk seperti kura-kura besar banget (awalnya gw gak ngeh kalo itu bentuknya kua-kura), kalo kalian datang ke Pantai Nglambor, kalian juga bisa snorkeling disini. Sayangnya kita gak snorkeling karena gw pernah ngrasain snorkeling di pantai selatan, jadi tu rasanya dibadan sama hasilnya gak sebanding, hehehe.. 
Kita kesini bertepatan sama hari jadian, ya udah photo sesion dululah kita.. hehehe..
Pantai Nglambor


Pantai Nglambor
Selanjutnya adalah pantai Siung, yups pantai dengan pasir Putihnya ini sangat memuaskan mata. Di sini kalian yang suka wall clambing bisa nyobain main kemari. Sekali lagi gw gak nyobain karena kebentur waktu. 
Pantai Siung
Selanjutnya adalah Pantai Ngrumput, yah sebenernya mau camp di Puncak Kosakora tapi si doi kecapean mau pingsan waktu jalan naik. Mau gak mau kita bikin tenda di Pantai Ngrumput. 
Pantai ini dihampit oleh 2 bukit kars jadi lumayan bagus deh tempatnya. Kalo kalian mau ke Puncak Kosakora tinggal naik Bukit dan sampailah kalian ke Puncak Kosakora.
Pantai Ngrumput


Pantai Ngrumput


Pantai Ngrumput


Pantai Ngrumput
Kalo menurut gw nih, daerah wisata di Gunung Kidul dibagi jadi 3 Bagian Bagian Utara kalo kalian pengin ke daerah Gunung atau daerah yang tinggi bisa ke Gunung Api Purba atau Bukit Bintang. Trus Gunung Kidul bagian tengah, disini banyak wisata Goa seperti Goa Pindul dan lain-lain. Dan bagian Selatan Gunung Kidul yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia pastinya wisatanya banyak ke Pantai/Laut. Sekali ini menurut gw ya, kalo salah ya gw minta maaf dah. 
Untuk menuju Gunung Kidul menggunakan angkutan umum sih belum pernah, jadi gak bisa kasih saran buat temen-temen. Kalo perjalanan menggunakan mobil/motor dari kota Yogyakarta menuju pantai daerah Gunung Kidul memakan waktu kurang lebih 2 Jam dengan kecepatan manusia normal, kalau kalian dengan kecepatan setan mungkin bisa lebih cepat #cepat menuju sisi-Nya hehehe... Alon-alon saja ya Bro..

4. Taman Pelangi
Yang pengin jalan-jalan malam di Yogyakarta ada wisata malam di daerrah Ring Road Utara, tepatnya di Monumen Jogja Kembali (Monjali). Taman pelangi di hiasi berbagai macam lampion saat malam, lumayan untuk memanjakan mata. Untuk menuju taman pelangi bisa di akses menggunakan trans Jogja, pokoknya kalo kalian nemu halte trans Jogja masuk aja trus tanya petugas, pasti nyampe sini dah.
Taman Pelangi


Taman Pelangi

5. Rumah Makan Jejamuran
Yups, ini tempat makan favorit kita di Jogja. Iya sih harusnya gw recomended Gudeg atau makanan khas Jogja, tapi mau gimana lagi kalo kita kagak suka. Tempatnya sedikit jauh dari kota, dan susah menggunakan angkutan umum sampai sini. Tepatnya ada di Jl Pramuka, Niron RT 01 RW 20 Pandowoharjo Sleman Yogyakarta. Atau jalan arah ke Magelang.
Namanya juga udah jelas "Jejamuran" pasti menunya tentang jamur. Gw suka banget sama sop jamur disisni. Yah, jamur itu rasanya 11:12 lah sama daging, dari rasa, dan seratnya hampir sama. Kalo kalian ke Borobudur pasti lewat sini, jadi cobainlah sekali-kali.
Rumah Makan Jejamuran
Rumah Makan Jejamuran

6. Mallioboro
Cerita disini terlalu banyak, jadi gak bisa nulis terlalu panjang. Salah satu tempat favorit wisata di Yogyakarta  yang wajib didatangin kalo lagi ke Yogyakarta. Disini juga banyak kenangan buat kita, tempat doi biasa nunggu gw kalo mau main ke Jogja, tempat doi nganterin kalo gw mau balik di Jogja, tempat terakhir kalo udah gak pengin main-main kemana-mana lagi, banyak dah cerita disini. So, pasti kalian yang pernah ke Yogya pasti punya cerita sendiri-sendiri buat tempat ini dah.
Malioboro


Malioboro


Malioboro

Seperti biasa, kalo temen-temen mau ke Yogyakarta dengan budget minim dan waktu minim kalian bisa pake nih internity dari gw.

 NB :
  • Perjalanan muter-muter lebih asyig menggunakan motor, berikut CP yang sewa motor, orangnya baik dan mau anter ke lokasi. HP : 081229573335 Transmojo.
  • Untuk sewa motor gampang, dan kita cuma ngasih jaminan 3 ID aja, dan bisa pinjem ID temen-temen.
  • Untuk harga hotel kurang paham, karena belum pernah. Saran, lebih baik booking jauh-jauh hari. Kalo punya temen mending nginep rumah temen, lebih murah.
So, walaupun banyak orang bilang Yogyakarta sudah berubah tetapi tetap, Yogyakarta selalu punya cerita untuk kita. Dan kita selalu dukung #JogjaRaDiDol.
Dan Sekali lagi, bukan seberapa jauh kita pergi meninggalkan rumah atau kantor untuk bersenang-senang, tetapi bagaimana cara kita memaknai perjalanan tersebut. Celoteh kali ini menceritakan beberapa kenangann perjalanan di kota Yogyakarta, dan kenangan jangan selalu dijadikan kenangan, ekspresikanlah dan ceritakanlah kepada orang-orang disekitarmu. Ceritakan betapa eloknya negeri kita, betapa kayanya negeri kita, agar semua tahu dan agar semua mau merawat warisan yang Tuhan berikan kepada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar